Tuesday 15 January 2008

Kerja vs. Karier

Suatu pertanyaan yang sangat cliche buat kita, atau setidaknya buat saya. Selama satu tahun belakang ini saya mengikuti sebuah acara tentang pengembangan karir di salah satu radio swasta di Jakarta. Sang pembicara merupakan salah satu staff head hunter terkemuka di Jakarta, dia selalu menegaskan kita untuk selalu mendahulukan karier daripada pekerjaan kita. Pertama-tama saya bingung, "emangnya beda karier sama kerja itu apa sih?", setelah saya tahu barulah saya mengerti perbedaannya. "Your job is NOT your carreer". Karier adalah sesuatu yang kita inginkan,seuatu yang kita minati, sesuatu yang kita senang lakukan.....



Tapi permasalahannya tidak berhenti disitu. Pada suatu saat ada seseorang menelpon dan bertanya kepada sang pembicara, ia mengatakan ia sudah mengetahui apa karier yang ingin ia geluti, tapi ternyata kesempatan tak kunjung datang, yang terus berdatangan adalah kesempatan ia untuk bekerja, tapi bukan di bidang yang dia inginkan. Lalu berkatalah sang pembicara kepadanya, "Kalau saya jadi anda, saya rela menunggu 3-5 tahun sampai saya sudah matang dan siap untuk berkarier", sekarang masalahnya selama 3-5 tahun itu kita berbuat apa ya? masa cuma dengan mempersiapkan diri dan mencari-cari kesempatan kita bisa dapat income buat hidup?apakah hal yang membuat sang pembicara itu bersikap idealis, sehingga ia berani berpendapat demikian?



Hal ini menjadi bahan renungan untuk kita semua (terutama bagi saya). Termasuk kategori apakah saya atau anda? anda pergi ke kantor untuk berkarier atau bekerja?hmmmmm.........bingung..hehhehehee



-cheers-

No comments: