Tuesday 15 January 2008

National Treasure

Ini merupakan salah satu film yang saya nantikan pemutarannya. Setelah saya menontonnya maka tidak salah kalau saya berpendapat bahawa bagi anda para penggemar film science/fiction/action ini merupakan salah satu film yang wajib ditonton dipenghujung tahun 2007.

Cerita film ini masih merupakan kelanjutan dari film pertama, dimana Ben Gates keturunan dari Thomas gates menyangkal bahwa leluhurnya ikut serta terlibat dalam konspirasi pembunuhan Abraham Lincoln. Cerita dikemas dengan baik sehingga memudahkan penonton untuk menikmati film ini tanpa terlalu banyak berfikir. Adegan action, chasing, fighting, thrilling dipadu sedemikian rupa sehingga membuat kita yang menyaksikan dibuat terus penasaran. Jika dirating berdasarkan lima bintang saya akan memberikan 4,5 bintang.

Diluar dari cerita film itu sendiri, film ini memiliki unsur edukasi patriotisme yang sangat kental. Secara tidak langsung penonton dibawa untuk mempelajari sejarah tentang negeri paman sam ini, untuk film ini kita "dipaksa" untuk mengetahui sejarah, quote, peristiwa dan kejadian penting mengenai Civil War di Amerika, sedangkan untuk film pertamanya kita diajak untuk mempelajari tentang proses penulisan "Declaration of Independence" dan tokoh-tokoh yang terlibat didalamnya. Sungguh suatu cara yang sangat mengesankan untuk membuat orang-orang yang menontonnya ditumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotismenya terhadap negara Amerika.

Kira-kira para sutradara di Indonesia bisa tidak ya membuat film semacam ini? misalnya membuat suatu cerita fiksi yang mengulas tentang suatu konspirasi dari perang padri, atau cerita-cerita heroik lainnya dari pahlawan-pahlwan nasional kita yang selama ini hanya kita kenal wajah dan cerita dari "lahir-berjuang-ditangkap VOC/diadu domba-dihukum mati" dari buku sejarah saja. Sejauh ini hanya ada beberapa film yang bisa seperti itu, paling yang terbaru adalah Naga Bonar Jadi 2. Ayo maju terus dunia perfilman Indonesia, buatlah suatu film yang berbobot yang merangsang patriotisme dan nasionalisme kita, dan tidak hanya tentang cinta dan horor melulu.....heheheheee...:)

-cheers-

No comments: