Wednesday 30 January 2008

Adault Cartoon (eps.1) South Park




Jika anda belum pernah menonton film kartun ini mungkin anda akan berpikir ini adalah salah satu kartun untuk anak-anak yang lucu dengan wajah karakter tokoh yang menggemaskan, tapi kenyataannya tidaklah demikian.
South Park adalah salah satu kartun dari sekian banyak kartun yang dibuat untuk kaum remaja dan dewasa, BUKAN untuk konsumsi anak-anak. Mengapa demikian? jika anda menonton kartun ini tidak jarang kata-kata kutukan dalam bahasa Inggris seperti Sh*t, F*ck, A** H*le, B*tch, D*mn, dan lain-lain keluar dengan mudahnya dari karakter-karakter di kartun ini yang diceritakan masih duduk pada 3th grade (setara dengan kelas 3 SD - red). Maka tidak heran kalau kartun ini masuk rating R rated.
Kartun ini diciptakan oleh Matt Stone dan Trey Parker, diedarkan dan ditayangkan di Amerika Serikat oleh Comedy Central Chanel sejak tahun 1997. Sekarang serial ini sudah memasuki musim tayang yang ke 11. Cerita yang disampaikan sangat sederhana dengan menggunakan setting di kota South Park, Colorado, dan menceritakan semua kejadian yang dialami oleh empat karakter utama yang merupakan sahabat dekat yaitu Stan Marsh, Kyle Broflovski, Eric Cartman, dan Kenny McCormmick. Kejadian di setiap episode pun beraneka ragam mulai dari masalah sosial sampai ke politik terutama politik Amerika Serikat, bahkan lebih cenderung mengolok-olok. Masalah sosial yang diangkat biasanya masalah-masalah yang sedang "in" atau ramai dibicarakan seperti Global Warming, Alien, gaya hidup para selebritis Hollywood yang selalu mengundang kontroversi (biasanya jika menyangkut selebriti akan lebih sering dicemooh ketimbang dipuji). Serial ini pun tidak ragu memaparkan isu mengenai agama, gender, kaum-kaum tertentu (gay, lesbi, dll), dan perilaku seks yang menyimpang (paedofilia, odipuscomplex), bahkan merupakan hal yang wajar dalam serial ini adanya pencemoohan terhadap ras tertentu. Dalam sejarah penayangannya serial ini berhasil mendapat penghargaan Emmy Awards 2005 for Best Animation Program.
Jika anda merupakan penggemar film humor yang berbau sarkastik, anda wajib menonton kartun ini. Menurut pandangan saya, kartun ini sangat mengibur, tapi sekali lagi saya ingatkan, kartun ini bukan untuk konsumsi anak-anak. Jika dilihat dari sisi edukasi mungkin yang ingin pencipta kartun ini sampaikan adalah sudut padang dari sisi lain. Merupakan suatu kecenderungan bahwa kita selalu melihat suatu hal dari satu sisi saja, kita selalu melupakan bahwa sebenarnya ada perspektif lain yang bisa dicoba. Pada bagian akhir dari setiap episode serial ini biasanya di tampilkan "Moral of The Story" dari episode tersebut, memang terkadang agak aneh, tapi jika dipikir-pikir itu merupakan suatu hal tidak bisa dipungkiri kebenarannya.
Banyak pro dan kontra dari ditayangkannya serial ini, ada yang berpendapat kalau serial ini terlalu "kasar", tapi ada juga yang berpendapat kalau serial ini sangat menghibur. Tetapi serial ini tetap berlanjut walaupun menimbulkan kontroversi, mungkin lebih banyak orang melihat dari sisi hiburan yang didapat dibanding dengan semua lelucon sarkastik dan kasar yang ada pada setiap episode serial ini. Kalau saya sih masuk yang pendukung yang pro, karena bagi saya serial ini memiliki cara edukasi dan penghiburan yang unik bagi para penontonnya. Bagaimana dengan anda?......hehhehehee
-cheers-

No comments: